Momen

05.27

Photo by Tolga Ahmetler on Unsplash 


Momen dalam kamus besar bahasa indonesia memiliki arti “waktu yang pendek” atau “saat”. Usaha manusia untuk menangkap momen dimulai dengan diciptakannya lukisan, entah pada batu atau kertas untuk menggambarkan momen-momen penting agar tidak mudah dilupakan atau hilang. Dilanjutkan dengan diciptakannya kamera, lalu muncul video recorder, dan segala macam yang memiliki fungsi yang sama. Mengabadikan suatu momen. 

Semua orang pasti memiliki momen-momen penting yang ingin dikenang dalam hidupnya. Momen saat lulus dari sekolah, mendapatkan suatu prestasi di sekolah atau pekerjaan, memenangkan suatu kontes, dan sebagainya. Itu semua bagus dan menurut saya semua orang memang pantas mendapatkan hal tersebut dalam suatu waktu dalam hidupnya. Tapi, tidak semua momen selalu terlihat spektakuler atau menakjubkan.

Banyak sekali momen kecil yang penting dalam hidup ini. Momen ini cepat berlalu dan mungkin terlihat sepele. Akan tetapi, keputusan yang kita ambil dalam momen kecil itu dapat berdampak besar ke kehidupan kita kedepannya. Contoh saja, saya sudah bertahun-tahun bermain gitar, tapi kemampuan saya bermain gitar tidak terlalu berkembang dibandingkan teman saya yang lain. Kenapa? Karena saya tidak terlalu rajin berlatih gitar dan keluar dari les gitar yang saya ikuti dahulu. Kalau saja saya dari dulu rajin ikut les gitar dan rajin berlatih, mungkin sekarang saya akan lebih jago bermain gitar. Atau jika saya dari dulu memutuskan untuk ikut les bahasa inggris dan sungguh2 berlatih, mungkin sekarang saya akan fasih berbicara atau menulis dalam bahasa inggris. Melewatkan momen kecil seperti itu mungkin terlihat sepele pada masa itu. Namun apabila dilihat dampaknya sekarang saya merasa menyesal dan ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaikinya.

Momen kecil apa saja yang saya maksudkan? momen bersama keluarga, momen bersama orang tersayang (sahabat ataupun pasangan hidup kalau ada), momen untuk mengembangkan diri, momen untuk menjaga kesehatan badan, maupun momen untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Momen kecil ini sering tertutup oleh berbagai pekerjaan, kesibukan, atau ambisi, sebagai usaha kita mencari momen-momen yang spektakuler atau menakjubkan itu. Tidak ada salahnya fokus mengejar momen spektakuler dan menajubkan, namun selalu ingat untuk menyeimbangkan hidup dengan memperhatikan momen-momen kecil yang sudah saya sebutkan diatas. Tidak semua hal baik dalam hidup datang dalam momen yang spektakuler dan menakjubkan, tetapi dapat tersembunyi pada momen-momen kecil yang terlihat sepele. Keputusan yang anda buat pada momen-momen kecil tersebut akan membuat diri anda di masa depan berterima kasih akan dampak dari keputusan kita di momen itu. Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images