Sakit Teknologi / Technoache

19.08


Oke, sekarang gue akan bahas tentang sakit teknologi ini. Tentang seberapa berbahayanya penyakit sosial ini, yang sudah menyebar di kehidupan sekarang ini.
Tanpa disadari dalam 10 tahun ke belakang saja teknologi sudah mengalami banyak evolusi. Dari radio menuju walkman, dari walkman menuju ipod, dan dari ipod menuju smartphone. Evolusi ini tanpa kita sadari mempengaruhi kebiasaan dan perilaku kita sehari-hari.
Gue merasa dengan kemajuan teknologi sekarang, menyebabkan manusia mengalami kemunduran dibandingkan zaman dahulu. Manusia sekarang kehilangan sifat-sifat kemanusiaannya.
Apa yang membedakan manusia sekarang dengan manusia zaman dahulu? Yang pertama kita sekarang menjadi lebih malas. Tidak percaya? Lihat saja disekitar kita. Sekarang kita sudah dimanjakan dengan adanya teknologi-teknologi. Manusia menciptakan teknologi bertujuan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Manusia menciptakan mobil supaya tidak harus repot-repot berjalan ke tempat yang jauh, mereka menciptakan telefon supaya tidak usah repot-repot berkunjung ke rumah orang untuk berbincang-bincang, mereka menciptakan smartphone yang memiliki berbagai fitur lengkap supaya kita tidak usah repot-repot melakukan semua hal.
Kita kehilangan semua repot-repot tersebut.
Kalian mungkin bertanya-tanya, "Bukankah itu hal yang bagus?" "Apa yang salah dengan itu?" Masalahnya adalah kita yang berubah menjadi semakin malas. Semua hal yang dipermudah tersebut membuat tubuh kita semakin malas.
Cobalah menonton film 'Wall e', disitu ada gambaran yang jelas tentang manusia di masa depan. Manusia masa depan yang digambarkan disana memiliki postur yang besar, kebanyakan kelebihan berat badan. Mereka semua telah dilema oleh kecanggihan teknologi. Mereka menjadi malas berjalan karena sudah ada alat yang membantu mereka untuk berjalan. Efek sampingnya adalah kesehatan yang menjadi buruk.
Yang kedua adalah sikap empati manusia. 
Di zaman yang serba instan ini, manusia menjadi tidak menghargai segala sesuatu, termasuk manusia. Itu disebabkan karena kemudahan yang disediakan oleh teknologi tersebut. Sekarang orang menjadi lebih bersikap individualis. Coba saja lihat ke depan rumah kalian, apakah kalian pernah melihat ada anak-anak yang bermain bersama di jalan-jalan? Anak-anak lebih disibukan dengan permain yang disediakan oleh gadget-gadget yang diberikan oleh orang tua mereka.
Akibatnya? Manusia sekarang disibukan dengan dunia virtual buatannya sendiri daripada dunia yang 'nyata'. Sekarang sikap empati hanya ditunjukan dengan menyukai status atau foto-foto yang tersebar di media sosial.
Banyak perkembangan teknologi yang mempunyai efek buruk untuk jangka waktu yang panjang. Tidak hanya untuk manusia saja, bahkan untuk planet kita. Semakin lama semakin banyak efek buruk yang ditinggalkan, bukan untuk efek jangka pendek tetapi untuk efek jangka panjang. Akibatnya iklim berubah, bumi menjadi semakin panas, dan lama kelamaan mungkin tidak akan layak lagi untuk dijadikan tempat tinggal.
Bukannya gue menentang perkembangan teknologi. Gue tetap mendukungnya, tetapi berhati-hatilah terhadap perkembangan tersebut. Teknologi yang dibuat juga harus dipikirkan dampaknya dan cara mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan.
Bukan untuk kita saja, tetapi untuk anak cucu kita. Terima kasih:)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images