Hal Kuatir

03.55

Photo by Gift Habeshaw on Unsplash

Siapa yang tidak pernah kuatir dalam hidupnya? Saya yakin tidak ada. Kekuatiran dapat dengan mudah muncul dan menggerogoti pikiran kita. Kuatir dapat muncul apabila ada sesuatu yang tidak dapat kita kontrol baik sesuatu yang sedang terjadi atau yang akan terjadi. Otak kita berputar-putar dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Sehingga sering kali kita susah dalam melihat apa yang sebenarnya sedang terjadi. Apabila kekuatiran tersebut berlebihan dan timbul dalam waktu tertentu, maka seseorang dapat mengidap gangguan cemas menyeluruh atau generalized anxiety disorders. 

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh LaFreniere dan Newman pada 29 orang dengan gangguan cemas menyeluruh, terbukti bahwa 91,4% kekuatiran tidak benar-benar terjadi. Partisipan mencatat kecemasan yang terjadi selama 10 hari secara online dan mengikutinya selama 30 hari, efek dari fakta ini terhadap partisipan adalah perbaikan pada gejala yang dialaminya. Luar biasa bukan? 

Terkadang kesusahan atau tantangan yang kita hadapi tidak sesulit yang ada dalam pikiran kita. Pikiran kitalah yang membuat masalah tersebut terlihat seolah-olah besar dan rumit. Kita dapat mencoba untuk rehat sejenak dan mengalihkan pikiran kita pada hal yang lain. Setelah pikiran kita tenang, maka kita dapat melihat masalah tersebut dengan lebih realistis dan dapat mencari jalan keluarnya dengan baik. Mari kita bersama-sama belajar untuk mengurangi kekuatiran kita. Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images