What Do I Get in Return?

00.43

Photo by Renith R on Unsplash


“Kok prestasiku begini begini saja ya? Padahal aku sering berbuat baik”

“Kenapa saat kesusahan tidak ada yang ingin membantuku? Padahal aku sering membantu orang lain saat kesusahan”

.....

Tidak jarang pertanyaan ini muncul dalam pikiran kita. Usaha yang kita dapat kenapa seperti sia-sia dan tidak ada balasannya? Saya akui akan terasa cukup melelahkan apabila menghadapi situasi itu dan bahkan dapat menimbulkan keraguan dalam diri kita untuk berbuat hal yang sama kembali. Khususnya apabila kita telah melakukan sesuatu yang kita anggap “besar”, kita cenderung untuk mengharapkan balasan yang “besar” juga. Apakah ada yang salah dalam semesta ini? 

Saya ingin mengajak kita meninjau kembali motivasi awal saat kita berbuat sesuatu. Apakah kita melakukan hal tersebut sudah secara tulus atau belum? Apabila kita melakukannya tanpa dilandasi dengan ketulusan hati, maka kita tidak akan mendapatkan balasan apapun. Berbeda halnya jika kita melakukannya dengan tulus, saya yakin bahwa Tuhan pasti akan membalasnya. Balasan ini tidak selalu berwujud sama, akan tetapi dapat dibalas dalam wujud-wujud yang berbeda dan dengan cara membuat kita terheran-heran.

Karena itu apabila niat kita sudah tulus, kita hanya membutuhkan kepekaan untuk melihat balasan-balasan yang sudah diberikan kepada kita. Tetap lakukan segala sesuatu dengan tulus dan hati yang ikhlas, semuanya pasti akan menghasilkan buah-buah yang manis dalam perjalanan hidup kita. 

Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images