Self-Confidence

23.49


Gue dari kecil mempunyai masalah dalam hal diatas. Bahkan sampai sekarang kadang masalah tersebut muncul dalam kehidupan gue, tapi gue selalu berusaha untuk menghilangkan masalah kepercayaan diri ini.

Semuanya bermula saat kelas 4 SD. Saat itu pelajaran menyanyi dan kami dipanggil maju ke depan berdua-dua untuk menyanyikan lagu Maju Tak Gentar. Suara gue jelek, tapi saat itu gue belum menyadari hal itu. Gue latihan di rumah terus menerus agar bisa mendapat nilai yang bagus.

Hari semakin dekat, gue menjadi semakin tegang. Tapi gue merasa bahwa latihan gue sudah lumayan, jadi semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Hari H datang. Dua per dua teman gue mulai dipanggil. Absen gue ada ditengah-tengah, jadi gue bisa melihat aksi teman-teman gue terlebih dahulu. Gue merasa menjadi juri the voice saat itu (walaupun dulu belum ada acara the voice karena masih tahun 2007). Di tempat duduk gue mengamat-amati cara menyanyi temen-temen gue. Lalu gue melihat sebuah pencerahan, yang datang dari sahabat gue.

Sebut saja namanya A'ang. Dia tidak mempunyai suara bagus (menurut gue), tapi dia berhasil survive tanpa diketawain temen-temen gue karena nyanyinya dikeras-kerasin. Nah gue akhirnya coba.

Tapi efeknya beda, gue diketawain sekelas. Gue jadi ga PD sama sekali dan efeknya terasa sampai sekarang. Gue sampai sekarang kalau disuruh nyanyi di depan umum, selalu mundur. Gue mengerti juga guru gue dulu menyuruh seperti itu untuk melatih kepercayaan diri. But that doesn't work with me.

Semacam menjadi trauma yang serius untuk gue karena untuk menyembuhkannya susah banget. Gue cari-cari cara di internet, harus banyak belajar juga, dan sekarang gue masih berusaha untuk membenahi itu.

Karena gue sadar, kepercayaan diri itu penting banget. Tanpa kepercayaan diri kita tidak akan kemana-mana walau memiliki bakat yang luar biasa. Jadi pesan gue untuk kalian yang merasa rendah diri, cintailah diri kalian sendiri. Tuhan sudah menciptakan kita unik. Tidak ada yang jelek, karena Tuhan menciptakan semuanya baik:)

You Might Also Like

2 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images